Selasa, 31 Oktober 2017

Tidak Percaya Diri Karena Panu

Pernahkah Anda menemukan area di kulit Anda yang tiba-tiba menjadi berwarna putih, pink, atau cokelat? Apakah noda kulit ini juga bersisik, terasa gatal terutama saat berkeringat, dan terlihat lebih jelas terlihat setelah terkena sinar matahari? Kalau iya, besar kemungkinan Anda sedang terkena panu. Hal ini membuat kita tidak percaya diri, apalagi kalau uncul pada kulit dimana semua orang dapat melihatnya. Anda pasti tahu dengan penyakit kulit yang satu ini.

Biasanya panu ada di kulit wajah, punggung, leher, dan bagian tubuh lain yang mudah terlihat orang lain. Inilah mengapa banyak orang akan merasa malu apabila di kulitnya terdapat panu. Panu atau tinea versicolor muncul akibat infeksi jamur pada kulit. Penyakit ini juga disebut pitriasis versikolor dan disebabkan oleh jenis jamur yang secara alami hidup di kulit manusia. Panu muncul ketika ragi jamur tumbuh di luar kendali sehingga menimbulkan penyakit kulit.

Setiap orang termasuk Anda memiliki potensi yang sama untuk mengalami panu. Baik perempuan maupun laki-laki, pasti sangat tidak mengharapkan munculnya penyakit ini. Selain mengurangi rasa percaya diri karena penyakit ini dapat timbul di area kulit yang dapat terlihat, besar kemungkinannya Anda dijauhi oleh teman-teman Anda, karena panu cukup terkenal dapat menular dari orang satu ke orang yang lain. Penyakit kulit panu sering muncul tanpa disadari, apalagi jika terjadi di punggung yang tidak terlihat oleh mata.

Gejala yang sering timbul yaitu rasa gatal ketika berkeringat dan warna permukaan kulit berubah menjadi putih, cokelat, bahkan merah, tergantung dari pigmen kulit penderita. Pada bagian kulit yang terserang penyakit kulit panu ini biasanya terdapat sisik halus yang menutupinya. Untuk Anda yang tidak berharap terkena penyakit kulit ini, ada baiknya Anda memperhatikan tips berikut ini. Hal ini juga dapat diterapkan untuk Anda yang sudah sembuh dan berharap panu tidak datang kembali.
  • Bawang putih

Bawang putih memang tepat disebut tanaman multifungsi. Mulai dari menyembuhkan jerawat, mengobati sakit gigi, sampai menghilangkan panu. Caranya sangat sederhana, cukup ambil sebutir bawang putih lalu belah jadi 2 bagian. Gosok dan tempelkan bawang putih yang sudah dibelah tadi ke kulit yang panuan selama beberapa menit. Supaya cara menghilangkan panu ini lebih efektif, lakukan setiap pagi dan sore hari setelah mandi.
  • Belimbing.

Buah yang memiliki kandungan vitamin C yang limpah ini dapat berfungsi untuk membasmi bakteri penyebab panu. Caranya cukup mudah, tumbuk buah belimbing bersama kapur sirih secukupnya. Oleskan hasil tumbukan tersebut pada kulit yang terserang panu. Agar lebih cepat sembuh, lakukan pengobatan ini secara rutin 2-3 kali sehari sampai panu kering dan mengelupas sendiri.
  • Cuka apel

Sari cuka apel biasanya sudah tersedia dan dijual di supermarket dalam botol, jadi Anda tidak perlu membuatnya sendiri. Untuk mengobati panu, campurkan 1 sendok makan sari cuka apel dalam secangkir teh dan oleskan air teh ke kulit yang terkena panu. Lakukan ini secara rutin.
  • Lengkuas

Tanaman rempah sebagai bumbu dapur ini memiliki kandungan air yang bisa digunakan untuk menyembuhkan panu. Pilihlah lengkuas yang kelihatan banyak mengandung air kemudian parut lengkuas. Parutan lengkuas bisa dioleskan ke kulit yang panuan.

Penyakit akibat infeksi jamur pada kulit ini sudah pasti amat mengurangi kepercayaan diri Anda. Oleh karena itu, coba ikuti cara menghilangkan panu di artikel ini agar kepercayaan diri Anda pulih kembali. Hal yang paling penting untuk menghindari penyakit panu adalah menjaga kebersihan diri Anda sendiri.

1 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essen-galatama-lele/

    BalasHapus